Ini adalah tips, yang mungkin sudah ada sebelumnya, tentang mempercepat memuat/muat (Loading) Blog di Blogger. Saya ambil dari halaman How can I make my blog load faster? dari help.blogger.com yang sering terlihat ketika mempublikasikan posting. Semoga aja bermanfaat.

Oh iya... anda boleh protes jika terjemahannya jelek. hmm...:). Selanjutnya....

Kecepatan muat blogmu adalah satu bagian penting guna menarik lebih banyak pembaca. Jika blogmu punya waktu lama untuk tampil, banyak pengunjung akan pergi sebelum membaca isi artikelmu. Ini adalah tips dan trik yang membantu agar blogmu tampil lebih cepat dan menarik.

Tulisan/Post

Waktu muat blog bisa dipengaruhi oleh jumlah post pada halaman utama. Kamu bisa merubah jumlah post itu dari lokasi Setting | Formating Tab. Kemudian, pilih jumlah post sebanyak yang kau inginkan sebagai tampilan di halaman utama. Kami rekomendasikan menampilkan 10 post, atau kurang, di halaman utama. Lihat gambar di bawah yaa.........



Link dan Javascript

Agar kecepatan muat blog jadi optimal, kami rekomendasikan memakai Google/Blogger widgets, Javascript, dan link. Tapi, jika kamu memakai third party Javacript (Script Java dari pihak ketiga) dan link, blogmu akan muat lebih cepat jika itu semua ditaruh di bagian bawah blog. Jika kau tidak pakai Script Java dari Pihak ketiga dan link dalam sidebar, taruh semua itu di bawah sidebar.

Gambar dan Media

Banyaknya gambar, video, atau multi media lain di blog juga membikin muat blog lebih lama. Tapi, gambar dan multi media sangat penting guna menarik pengunjung lain ke blog kita. Karena itu, penting juga melakukan optimasi kecepatan muat gambar dan media kita.

Kurangi ukuran gambarmu atau gunakan "thumbnails" sebagai pengkait ke ukuran gambar sebenarnya. Jika memakai gambar third party (pihak ketiga), coba pertimbangkan pikirkan Picasa web Albums sebagai tempat unggah. (Ini promosi dari Google.com).

Karena itu, Jika punya banyak gambar ditampilkan, kamu bisa mengunggahnya ke Picasa Web Album dan kaitkan album tersebut ke dalam post-mu atau sidebar-mu.

Saran yang lain.

1. Jika menambah kode CSS di blogmu, pastikan menaruhnya di atas halaman.

2. Isi yang paling penting dari blog adalah yang menarik perhatian pembaca. Isi itu harus punya waktu muat paling cepat. Untuk mengenali bagian mana yang muatnya terlama, kamu bisa memakai Stopwatch.

3. Stopwatch akan membuka blogmu dalam "frame" dan menyimpan waktu yang dibutuhkan ketika memuat satu halaman. Ini termasuk gambar yang ada di blog, video, widgets, dan lain-lain. Catat, dan perhatikan, bagian mana yang membutuhkan waktu terlama untuk muat (loading). Kemudian, rubah dan modifikasi blogmu sesuai saran dari kami.

9 comments:

  1. project  

    20 Desember 2008 18.20

    hehe... akhirnya di post juga, lebih jelas, soalnya kemarin ada juga yang saya gak ngerti jadinya terjemahan bebas ala project ajah

  2. Cahaya Biru  

    20 Desember 2008 20.13

    @Project; Iya mbak ject, saya posting. Daripada nganggur di dalam draft... :)

  3. Erin  

    20 Desember 2008 22.27

    Wah tips yang bagus, terimakasi... salam kenal

  4. Cahaya Biru  

    21 Desember 2008 00.03

    @Erin; malam-malam belum tidur ya mbak.... :)

  5. Syamsul Alam  

    23 Desember 2008 16.39

    hihihihi...... banyak ketinggalan tulisan di sini ih... jadi mangkel.. aku follow yah!

  6. jaloee  

    4 Januari 2009 09.49

    wah mantep neh info na.. cuman rada bingung jg mengunakan stopwacht

  7. Cahaya Biru  

    5 Januari 2009 06.21

    @Jaloee; Waduh, didatangi sama mas Jaloee, Penulis Professional Blog Tutorial. Saya jadi sungkan nih... :).

    Btw, Terima kasih yaa.. mas, anda udah datang ke blog kami yang sederhana ini. :). Ksmi senang banget didatangi oleh mas Jaloee...

    Hatiku Senang = "mode on" :)

  8. rakha  

    29 Juni 2009 12.58

    wah.. sip nih info nya .. tak cobe

  9. andikris  

    5 September 2009 15.00

    terimakasih ya....itu sangat membantu

Posting Komentar

Template Copyright 2009 and Designed By Cahaya Biru